Meival Reza Blog

Flash Player

Senin, 05 Juli 2010

5 Alasan Anak-anak berbohong

 

Anak-anak tidak berbohong dengan kebohongan orang dewasa. Apa alasan anak berbohong, inilah alasannya:


1. Takut disalahkanAnak-anak bisa berbohong karena ia memiliki pengalaman buruk menghadapi kesalahan. Jika anak pernah terpojok dan merasa "dihukum" sebagai bersalah, anak akan memilih opsi untuk berbohong untuk menghindari hukuman, tanggung jawab, atau takut disalahkan.


2. Tampak Lebih PowerfullAlasan lain ketika anak itu berbohong, ia ingin terlihat lebih baik daripada nyata dan ini terjadi pada anak-anak yang sering dibandingkan dengan anak lain.
Merasa kurang percaya diri untuk membuat anak bereaksi terhadap dicitrakan dirinya lebih daripada sekarang. Terutama ketika dia berada dalam lingkungan sebaya (kelompok sosial) yang hebat.
3. Merasa Tidak Memiliki PilihanDalam perawatan anak kelompok kontrol terlalu kuat atau otoriter orang tua, anak-anak selalu berpikir kesalahan adalah sesuatu yang dimaafkan. Ketika membuat kesalahan, anak itu selalu dibayangi kekhawatiran risiko lanjut kesalahan.
4. Jangan Ingin KesalBila orangtua selalu menanamkan harapan yang tinggi, anak bisa berbohong ketika bereaksi terhadap masalah hanya karena orangtuanya tidak ingin kecewa.
5. Yg tak dihargaiPrinsip orang tua yang hanya peduli pada hasil dan tidak mempertimbangkan proses untuk membuat anak itu berbohong ketika dia merasa dia tidak mendapatkan pahala cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger