Meival Reza Blog

Flash Player

Rabu, 17 Februari 2010

Kawanan Harimau Mangsa Tujuh Kambing Milik Warga

Metrotvnews.com, Tapaktuan: Aksi harimau liar di kawasan Desa Jambo Papeuen dan Desa Buket Meuh, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam, semakin meresahkan warga. Di Desa Jambo Papeun, misalnya, sebanyak tujuh kambing milik warga setempat dimangsa kawanan binatang buas itu.

Tokoh masyarakat Meukek, M Ali, Kamis (18/1) mengatakan, empat harimau liar turun ke kawasan permukiman warga pada larut malam. Di saat warga sedang terlelap tidur, empat kawanan harimau melakukan aksinya di salah satu kandang kambing setempat.

Akibatnya, tujuh kambing mati diterkam oleh empat harimau itu. Tiga di antaranya habis dimakan dan dibawa kabur ke hutan sekitar. Sedangkan empat lainnya mati mengenaskan di dalam kandang.

Selain itu, sekitar 30 ternak unggas, seperti itik dan ayam, milik warga Jambo Papeun dan Buket Meuh juga dimangsa kawanan harimau.

"Kawanan harimau liar itu memang sangat ganas dan membahayakan selama ini," kata Ali.

Warga kini semakin takut dengan ulah kawanan si raja hutan itu. Apalagi, beberapa waktu lalu (31 Januari), dua petani pala bernama Ali Syamsul, 43, dan Alidar, warga Desa Limau Saring, Kecamatan Labuhan Haji, Aceh Selatan, sempat diterkam harimau ketika sedang membersihkan kebunnya. Walaupun berhasil menyelamatkan diri, mereka trauma atas peristiwa yang mengancam jiwanya.

Para petani yang biasanya pergi ke kebun dekat kawasan hutan sekarang semakin takut beraktivitas. Apalagi, ada di antara mereka sering melihat harimau berkeliaran keluar masuk hutan pada siang hari.

Mereka mengharapkan pihak Balai Konservasi Sunberdaya Alam (BKSDA) Tapak Tuan, Aceh Selatan, atau BKSDA Banda Aceh bertindak serius menangani gangguan tersebut. Dikhawatirkan, bila konflik itu terus berlanjut, maka akan terjadi korban jiwa. Akhirnya, warga bisa bertindak kasar seperti meracuni atau membunuh harimau dengan berbagai cara.(MI/DSY)

Bookmark and Share

(sumber:http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/02/18/11081/Kawanan-Harimau-Mangsa-Tujuh-Kambing-Milik-Warga/)

2 komentar:

Powered By Blogger